Saturday, September 22, 2012

(soal + jawaban) SIM BAB 1 & BAB 2

[0211508] Sistem Informasi Manajemen
Dosen
:
 Henricus Bambang Triantono, S.E., M.M.
SKS
:
 3
Kelas
:
 G
Ruang
:
C109
Waktu
:
 Senin, 13.00-15.30



BAB I
PENGANTAR SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER


1.Buatlah daftar langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola sumber dengan daya fisik ?
Sumber daya diperoleh dan disusun agar siap digunakan saat diperlukan, sangat sering proses penyusunan membutuhkan pengubahan suatu bahan mentah menjadi bentuk yang lebih halus, seperti pelatihan pegawai / kontruksi suatu bagian media yang khusus, setelah sumber daya ini disusun, manajer berusaha untuk memaksimalkan pengugunaannya. Manajer menimbulkan waktu yang terbuang dan menjaganya agar berfungsi pada efisiensi puncak, akhirnya, manajer mengganti sumber daya ini pada saat kritik sebelum sumber daya tersebut menjadi tidak efisien / utang.

2.Buatlah daftar langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola informasi?
Manajer memastikan data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian di proses menjadi informasi yang berguna, kemudian manajer memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan. Dengan demikian manajer membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikannya dengan informasi yang terkini dan akurat seluruh aktivitas ini memperoleh informasi, menggunakan seefektif mungkin serta membuang yang tidak tepat.



3.Aplikasi komputer apakah yang pertama kali memperkirakan kebutuhan informasi para manajer?
Pengolahan data akuntansi, aplikasi tersebut lalu diikuti oleh : empat aplikasi :
a. Sistem infromasi manajemen (mangjement information system)
b. Sistem pendukung keputusan (decision support systems)
c. Kantor virtual (virtual office)
d. Sistem berbasis pengetahuan (knowledge – based systems) ke –
e. Membentuk sistem informasi berbasis komputer (computer based information system) / CBIS

4.Apakah yang termasuk dalam 3 golongan pemakai komputer ?
a. Manajer
b. Non – Manajer
c. orang-orang dan organisasi dalam lingkungan perusahaan

5.Apakah yang termasuk dalam 3 tingkatan manajer seperti yang dinyatakan oleh Anthony ?
a. Tingkat perencanaan strategis, > yaitu pengaruh atas keputusan-keputusan yang diambil pada seluruh organisasi dalam beberapa tahun mendatang.
b. Tingkat pengendalian manajemen > yaitu bahwa tanggung jawab mereka mengubah rencana menjadi tindakan agar tujuan tercapai.
c. Tingkat pengendalian operasional > yaitu dimana operasi perusahaan berlangsung (operational control level)

6.Apakah perbedaan antara bidang fungsional dengan fungsi manajemen ?
Bidang fungsional, manajer terdapat dalam berbagai bidang fungsional perusahaan, tempat berbagi sumber daya dipisahkan menurut pekerjaan yang dilakukan dalam itu terdapat 3 hal bidang fungsional yang tradisional ; 1. Pemasaran, 2. Manufaktur, 3. Keuangan.
Fungsi manajemen Henri Tagol bahwa manajer melaksanakan 5 fungsi-fungsi menajemen :
1.Merencanakan (plan)
2.Mengorganisasikan (organize)
3.Menyusun staf (staff)
4.Mengarahkan (direct)
5.Mengendalikan (control)

7. Apakah yang termasuk dalam 3 kelompok peran manajerial yang dinyatakan oleh Mirtzberg ?
  : Tiga kelompok peran manajerial
1.       Peran antar-pribadi (Interpersonal Roles)
Ø      Tokoh (figurehead) .. Manajer melaksanakan tugas-tugas seremonial, seperti mendampingi pejabat yang berkunjung meninjau fasilitas
Ø      Pemimpin (leader) .. Manajer memelihara unit dengan mempekerjakan dan melatih staf serta menyediakan motivasi dan dorongan.
Ø      Penghubung (liaison) .. Manajer menjalin hubungan dengan orang-orang di luar unit manajer tersebut, rekan kerja dan lainnya di lingkungannya, dengan tujuan menyelesaikan masalah-masalah bisnis.
2. Peran informasi (Informational Roles)
Ø      Pemantau (monitor) .. Manajer secara tetap mencari informasi mengenai kinerja unit. Indera manajer mengamati aktivitas intern unit dan lingkungannya.
Ø      Pewarta (disseminator) .. Manajer meneruskan informasi yang berharga kepada orang lain di dalam unitnya.
Ø      Juru bicara (spokes person) .. Manajer meneruskan informasi yang berharga kepada orang-orang di luar unit, pimpinan dan orang-orang dilingkungannya.
3. Peran keputusan (Decisional Roles)
Ø      Wirausaha (enterpreneur) .. Manajer membuat perbaikan-perbaikan yang cukup permanen pada unit, seperti mengubah struktur organisasi.
Ø      Pengelola gangguan (disturbance handler) .. Manajer bereaksi pada kejadian-kejadian tidak terduga, seperti devaluasi dolar di negara asing yang menjadi tempat operasi perusahaannya.
Ø      Pembagi sumber daya (resource allocator) .. Manajer mengendalikan pengeluaran unitnya, menentukan unit bawahan mana yang mendapatkan sumber daya/
Ø      Perunding (negotiator) .. Manajer menengahi perselisihan baik di dalam unitnya maupun antara unit dan lingkungannya.

8.Buku ini menyebutkan 2 keahlian dasar yang harus dimiliki seorang manajer, apakah itu?
Seorang manajer yang berhasil harus memiliki banyak keahlian, tetapi ada 2 yang mendasar yaitu komunikasi dan pemecahan masalah.

9.Jelaskan perbedaan antara pemecahan masalah dan pengambilan keputuan ?
* Pemecahan masalah dengan mendefinisikan masalah negatif sebagai suatu kondisi atau kejadian yang berbahaya / mungkin membahayakan / secara positif sebagai suatu yang dapat menguntungkan atau mungkin merugikan.
* Pengambilan keputusan atau tindakan memiliki dari berbagai alternatif tindakan yaitu, suatu tindakan tertentu yang telah dipilih, umumnya, manajer perlu membuat keputusan ganda dalam proses memecahkan suatu perusahaan tunggal.

10.Sebuah iklan alat pencukur dengan pisau ganda yang dapat diganti menyatakan dirinya sebagai suatu sistem mencukur. Apakah alat cukur tersebut benar-benar suatu sistem ? apa yang elemen-elemennya? Apakah tujuannya ?
-Sistem > sekelompok elemen yang berintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, alat pencukur tersebut adalah sebuah sistem. Elemen-elemennya yaitu elemen input, melalui elemen transformasi, ke elemen output.
- Ada 3 elemen yang meliputinya > tujuan, mekanisme pengendalian dan lingkaran umpan balik. Sedangkan elemen pada pisau cukur tersebut adalah pisau cukur dan alat cukur.
- Tujuannya > agar pisau cukur tersebut dapat bekerja ganda sehingga hasil dari perlakuan tersebut dapat menghasilkan lebih baik.

11.Buatlah daftar elemen-elemen yang terdapat dalam suatu sistem lingkaran tertutup, berikan tanda bintang di sebelah elemen-elemen yang juga terdapat dalam sistem lingkaran terbuka ?
Suatu sistem lingkaran tertutup *
-          tujuan
-          mekanisme pengendalian
-          lingkaran umpan balik
Sistem lingkaran terbuka
•         mekanisme pengendalian *
•         lingkaran umpan balik *
•         tujuan *

12.Dapatkah anda menyebutkan sebuah perusahaan yang tidak mengubah input menjadi output ? jika ada, jelaskan ?
Tidak ada, sebab pada setiap jenis perusahaan semua sistem input akan dibalik menjadi sumber output dengan sifat output yang menjadikan input sebagai modal awal perusahaan.

13.Apakah yang dimaksud dengan mekanisme pengendalian dalam sebuah perusahaan ?
Suatu mekanisme pengendalian yang memantau proses transportasi untuk menyakinkan bahwa sistem tersebut memenuhi tujuannya. Mekanisme pengendalian ini dihubungkan pada arus sumber daya dengan memakai suatu lingkaran umpan balik (feedback loop) yang mendapatkan informasi dari output sistem dan menyediakan informasi bagi mekanisme pengendalian. Mekanisme pengendalian membandingkan sinyal-sinyal.

14.Setiap hari, sebuah perusahaan telepon metropolitan yang besar mencetak ribuan tagihan. Apakah tagihan-tagihan ini data atau informasi ? Jelaskan.
Data terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang relatif tidak berarti bagi pemakai. Sebagai contoh, data dapat berupa jumlah jam kerja tiap pegawai dalam perusahaan. Saat data ini diproses, ia dapat diubah menjadi informasi.

15.Apa saja lima subsistem CBIS ? Cocokkan tiap subsistem dengan satu dari istilah-istilah berikut : data, konsultasi, komunikasi, informasi, masalah spesifik.
 Sistem Informasi Akuntansi (data)
 Sistem informasi Manajemen (konsultasi)
 Sistem pendukung keputusan (komunikasi)
 Kantor Maya (informasi)
 Sistem pakar (masalah spesifik)

16.Sebutkan para spesialis informasi yang bekerja secara langsung dengan pemakai !
Ada 5 golongan utama spesialis informasi yaitu :
1.       Analisis sistem (system analyst)
2.      Pengelola database (database administrator)
3.      Spesialis Jaringan (network specialist)
4.      Programmer
5.      Operator

17.Seorang manajer di bagian keuangan memperoleh komputer personal dan satu paket perangkat lunak spreadsheet, elektronik, mempelajari cara pemakaiannya dengan menggunakan tutorial, dan menghasilkan laporan laba-rugi bulanan perusahaan. Apakah ini contoh EUC ? Jelaskan jawaban Anda.
Iya, ini termasuk ke dalam EUC, karena para pemakai tidak perlu bertanggung jawab penuh dalam  pengembangan sistem, tetapi mereka harus melakukan sebagian pengembangan sistem. Dalam banyak kasus pemakai akan bekerja dengan para spesialis informasi bersama-sama mengembangkan sistem. Karena itu, konsep EUC tidak berarti bahwa para spesialis informasi tidak dibutuhkan lagi. Sebaliknya, ini berarti bahwa para spesialis akan lebih banyak melaksanakan peran konsultasi daripada sebelumnya.

18.Apakah menurut Anda manajer pada pertanyaan no. 7 mengerti komputer ? Mengerti informasi ? Jelaskan.
Mengerti, karena seorang manajer di bagian keuangan harus mengembangkan sistem dan mempelajarinya dengan tutorial dan menghasilkan laporan laba rugi bulanan perusahaan. Manajer juga mengerti informasi digunakan untuk bekerja dengan para spesialis informasi bersama-sama mengembangkan sistem informasi dalam melakukan konsultasi.
19.Sebutkan tiga pendekatan yang digunakan untuk menjustifikasi sistem EDP. Dua pendekatan manakah yang paling berhasil ?
Yaitu
1.SIM
2.SIA
3.DSS
Yang paling berhasil SIM & SIA
20.Mengapa sukar untuk menjustifikasi subsistem CBIS. Yang berorientasi informasi seperti SIM / DSS ?
karena untuk membuktikan nilai ekonomis dan suatu aplikasi komputer, tetapi banyak analisis yang dilakukan untuk menimbang nilai tiap proyek potensial. Proyek tersebut berkembang melalui suatu siklus hidup sistem (system life cycle). Para spesialis informasi dapat berperan serta dalam tingkat yang beragam, tetapi keseluruhan siklus, termasuk pengembangan dan pemakaian, harus dikelola oleh manajer.
21.Apa sajakah yang termasuk dalam lima tahap siklus hidup sistem? Apa peran spesialis informasi dalam tahap pertama ? Para peran manajer dalam empat tahap selanjutnya ?
Siklus hidup sistem (system life cycle –SLC), yaitu
1.       Perencanaan
2.      Analisis
3.      Rancangan
4.      Penerangan
5.      Penggunaan

-          Pada tahap pertama (perencanaan), spesialis informasi berperan memberi dukungan kepada manajer untuk mengidentifikasikan dan mendefinisikan masalah, mengidentifikasikan dan mengevaluasi solusi alternative, memilih solusi terbaik, merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai, menciptakan database, dan menjaga kemutakhiran system.
-          Pada 4 tahap selanjutnya, manajer berperan mengendalikan spesialis informasi dalam melaksanakan penelitian system, merancang system, menerapkan system dan menyediakan system.




BAB 2
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF


1.Apa yang menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya ?
Perusahaan dihubungkan dengan elemen-elemen dalam lingkungannya melalui arus sumber daya fisik maupun konseptual. Perusahaan berusaha memperoleh keunggulan kompetitif dengan mengelola arus sumber daya, termasuk informasi. Penjelasan tentang strategi keunggulan kompetitif yang paling lengkap berfokus pada arus masuk dari pemasok dan arus keluar melalui saluran distribusi ke pelanggan.

2.Apa saja yang teramsuk dalam delapan elemen lingkungan ?
a)Masyarakat > Konsumen / pemakai
b)Pemasok > Penyedia material, mesin, jasa dan informasi
c)Serikat kerja > Atau organisasi bagi tenaga kerja terampil
d)Masyarakat keuangan > Terdiri dari lembaga-lembaga yang berpengaruh pada pendanaan
e)Pemegang saham / pemilik > Pendanaan modal di perusahaan
f)Pemegang saham / pemilik > Cangkupan semua organisasi yang bergerak dalam bidangnya
g)Pemerintah > Pada tingkat pusat daerah / lokal untuk peraturan undang-undang
h)Masyarakat global > Atau wilayah geografis setempat

3.Apakah yang dimaksud dengan marjin, dan apa hubungannya dengan keunggulan kompetitif ?
Marjin adalah nilai produk dan jasa perusahaan, seperti yang diyakini oleh pelanggan perusahaan itu, dikurangi biayanya. Perusahaan menciptakan nilai dengan melakukan aktivitas, yang diliputi Porter dengan aktivas nilai (value activities).
keunggulan kompetitif (competitive advantage). keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui banyak cara, seperti menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah, menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari pesaing, dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu.

4.Apa sajakah yang termasuk dalam aktivitas nilai utama Porter ? Apakah yang menjadi aktivitas nilai pendukungnya ?
Aktivitas nilai utama (primary value activities) adalah aktivitas yang berhubungan dengan produksi dan penawaran nilai yang lebih besar kepada pelanggan daripada yang dilakukan pesaing.
Aktivitas nilai pendukung (support value activities) menyediakan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas utama berlangsung. Departemen hubungan pemegang saham, kelompok riset pemasaran, departemen akuntansi merupakan contoh unit organisasi yang melaksanakan aktivitas pendukung.

5.Apakah yang dimaksud dengan rantai nilai ?
Aktivitas nilai utama dan pendukung diintegrasikan oleh beberapa penghubung untuk membentuk rantai nilai (value chain) rantai tersebut dibentuk menyerupai panah, dengan marjin sebagai ujungnya. Aktivitas-aktivitas utama tampak dilapisan bawah dan mencakup logistik masuk (inbound logistics) yang memperoleh bahan baku dan pasokan dari pemasok, operasi perusahaan itu yang mengubah bahan baku menjadi barang jadi, logistik keluar (outbond logistics) yang mengangkut barang ke pelanggan, operasi pemasaran dan penjualan yang mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan pendapatkan pesanan, serta kegiatan pelayanan yang memelihara hubungan baik dengan pelanggan setelah penjualan.


6.Apakah yang dimaksud dengan sistem nilai ?
Kaitan rantai nilai beberapa perusahaan

7.Buatlah daftar tujuh jenis sumber daya informasi. Berikan tanda bintang pada sumber daya yang selalu ditempatkan dalam jasa informasi !
Jenis-jenis Sumber Daya Informasi
Perangkat keras komputer
Perangkat lunak komputer
Spesialis informasi
Pemakai
Fasilitas
Database
Informasi

8.Dapatkah seorang manajer menjadi seorang CIO, walaupun ia tidak memiliki gelar itu ?
Chief information officer (CIO), adalah manajer jasa informasi yang menyumbangkan keahlian manajerialnya tidak hanya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumber daya informasi tetapi juga berbagi bidang lain dari operasi perusahaan.
Seorang manajer jasa informasi dapat berperan sebagai chief information officer dengan mengikuti saran-saran berikut :
Sediakan waktu untuk bisnis dan pelatihan bisnis. Pelajari bisnisnya, bukan hanya teknologinya.
Membangun kemitraan dengan unit-unit bisnis dan manajemen ini ; jangan menunggu hingga diundang.
Fokuskan pada perbaikan proses dasar bisnis
Jelaskan biaya-biaya IS dalam istilah-istilah bisnis
Bangun kepercayaan dengan memberikan jasa IS yang dapat diandalkan
Jangan bersifat defensif

9.Dapatkan kesarjanaan dalam administrasi bisnis membantu seorang CIO ?
Bisa, sebab sumber daya informasi mencangkup perangkat keras, fasilitas, perangat lunak, database, spesialis informasi, informasi dan pemakai konsepnya mengakui manajer jasa informasi sebagai seorang eksekutif. Sumber daya informasi yang terletak diluar jasa informasi dikelola oleh para manajer area pemakai.

10.Apakah manajemen informasi menjadi bertambah atau berkurang rumit selama dekade terakhir ? Jelaskan.
Pada sepuluh tahun pertama komputer, semua sumber daya informasi ditempatkan terpusat di dalam unit jasa informasi perusahaan. Berawal dari pemasang terminal keyboard pada pemakai pada pertengahan tahun 1960-an, dan berlanjut dengan penyebaran komputer mikro di tahun 1980-an, semakin banyak perangkat keras yang ditempatkan di luar unit jasa informasi.
Ketika perusahaan semakin banyak memperoleh sumber daya tersebut tersebar di seluruh perusahaan, tugas manajemen sumber daya informasi manjadi lebih rumit. Tanggung jawab manajemen tidak hanya berada pada pundak CIO, tetapi semua manajer dalam perusahaan tersebut.

11.Mengapa para eksekutif mungkin menghasilkan rencana yang tidak dapat dijalankan ketika mereka membuat perencanaan strategis top-down ?
Pengendalian terputus atas perolehan perangkat keras dan perangkat lunak, perusahaan akhirnya dapat memiliki perangkat keras yang tidak comfortable dan perangkat lunak yang sangat berlebihan (top-down)

12.Mangapa manajemen tingkat bawah mungkin menghasilkan rencana yang tidak dapat diterima eksekutif ketika pendekatan perencanaan bootm-up diterapkan ?
Para pemakai pengembang berencana untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri tanpa menyesuaikan pada rencana yang memastikan dukungan komputer bagi perusahaan.

13.Sebutkan satu kelemahan utama dari transformasi kumpulan strategi ?
Kekurangan dasar dalam transformasi kumpulan strategi adalah kenyataan bahwa bidang-bidang fungsional tidak selalu memiliki sumber daya untuk menjamin tercapainya tujuan strategis perusahaan. Namun, pendekatan ini masih dipakai bahkan oleh perusahaan-perusahaan yang sangat berhasil

14.Apakah dua elemen yang harus disertakan dalam suatu rencana strategis sumber daya informasi ?
Ketika jasa informasi mulai mengembangkan rencana-rencana stretegis, pendekatan yang dilanjutkan adalah mendasarkan rencana tersebut sepenuhnya pada tujuan stretegis perusahaan, yang diistilahkan dengan kumpulan strategi organisasi (organizational strategy set). Langkah kedua, yang terpisah, adalah rencana jasa informasi yang dibuat untuk mendukung tujuan perusahaan. Rencana jasa informasi itu disebut kumpulan strategi SIM (MIS strategy set), dan terdiri dari sejumlah tujuan, kendala, dan strategi. Pendekatan ini, yang dinamakan transformasi kumpulan strategi (strategy set transformation)

15.Apa sajakah 4 kelompok pemakai akhir itu ?
a)Pemakai Akhir Tingkat Menu (menu-level end-users) Sebagian pemakai tidak mampu menciptakan perangkat lunak mereka sendiri, tetapi dapat berkomunikasi dengan perangkat lunak jadi (pre written software) dengan menggunakan menu-menu seperti yang ditampilkan oleh perangkat lunak berbasis Windows dan Mac.
b)Pemakai Akhir Tingkat Perintah (command level end-users) Sebagian pemakai akhir memiliki kemampuan menggunakan perangkat lunak jadi yang lebih dari sekedar memilih menu. Para pemakai akhir ini dapat menggunakan bahasa perintah dari perangkat lunak untuk melaksanakan operasi aritmatika dan logika pada data. Contohnya, pemakai Microsoft Excel dapat menggunakan perintah-perintah khusus untuk menyelesaikan proses yang tidak mungkin dilakukan melalui penggunaan menu.
c)Pemakai Akhir Tingkat Programer (end-users programmers) Sebagai pemakai akhir dapat menggunakan bahasa-bahasa pemrograman seperti BASIC atau C++, dan mereka dapat mengembangkan program-program yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka sendiri.
d)Personil Pendukung Fungsional (functional support personnel) Di sejumlah perusahaan, para spesialis informasi adalah anggota dari unit-unit fungsional, bukannya unit jasa informasi. Personil pendukung fungsional ini adalah spesialis informasi dalam arti sesungguhnya, tetapi mereka berdedikasi pada area pemakai tertentu dan melapor pada manajer fungsional mereka.

16.Buku ini menyatakan bahwa pemakai akhir kecil kemungkinannya mengembangkan DSS yang rumit. Mungkinkah terdapat keterbatasan-keterbatasan pada sistem yang dikembangkan oleh personil pendukung fungsional Jika ada, jelaskan.!
Tidak ada, sebab semua keragaman dalam dampak UEC berlanjut, yang memang seharusnya, akan selalu ada kebutuhan akan spesialis informasi.

17.Apakah manfaat utama EUC ? Apakah risiko utamanya ?
Bagaimana risiko ini dapat dikurangi ?
EUC memberi manfaat bagi perusahaan dalam dua cara utama : EUC menyeimbangkan kemampuan pengembang dengan tantangan sistem, serta EUC menghilangkan atau mengurangi kesenjangan komunikasi antara pemakai dan spesialis informasi.
Resiko > 1. Sistem yang buruk sasarannya
2. Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasi
3. Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisen
4. Hilangnya integritas data
5. Hilangnya keamanan
6. Hilangnya pengendalian
Risiko-risiko diatas berkurang jika jasa informasi yang mengembangkan sistem, karena adanya pengendalian terpusat.

18.Bagiaman suatu penelitian pada bagan organisasi perusahaan dapat memberi petunjuk bahwa perusahaan sedang berusaha mencapai IRM ?
a. Kesadaran bahwa keunggulan dapat dicapai melalui sumber daya informasi yang unggul.
b. Kesadaran bahwa jasa informasi atau suatu bidang fungsional utama
c. Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak
d. Perhatian pada sumber daya informasi perusahaan ketika membuat perencanaan strategis
e. Rencana strategis formal untuk sumber daya informasi
f. Strategi untuk mendorong dan mengelola end-users computing.

19.Jika Manajer dalam bidang jasa informasi memiliki gelar CIO, apakah ini berarti bahwa perusahaan mempraktekkan IRM ? Jelaskan.!
IRM mencerminkan pemahaman mengenai nilai informasi dan sumber daya yang menghasilkan informasi. Manajer di semua tingkat memang memberi kontribusi pada IRM, tetapi sikap eksekutif puncak, seperti CEO dan anggota komite eksekutif lain, adalah kuncinya. Jika para pemimpin ini tidak memahami bahwa sumber daya konseptual sama pentingnya dengan sumber daya fisik, IRM tidak akan pernah terjadi.

20.Ditempatkan dimanakah sumber daya informasi yang merupakan sumber daya rencana strategis sumber daya informasi ?
1. Lingkungan perusahaan = Sebagai cara untuk memenuhi sejumlah kebutuhan pasar.
2. Eksekutif perusahaan = CIO disertakan dalam kelompok eksekutif
3. Bidang fungsional = Mengembangkan informasi / rencana strategis dalam perusahaan
4. Sumber daya informasi = Bagimana semua sumber daya informasi diperoleh dan dikelola
5. Pemakai = Data dan informasi mengalir



0 komentar:

Post a Comment

 
;