[0211508] Sistem Informasi Manajemen
|
||
Dosen
|
:
|
Henricus Bambang Triantono, S.E., M.M.
|
SKS
|
:
|
3
|
Kelas
|
:
|
G
|
Ruang
|
:
|
C109
|
Waktu
|
:
|
Senin, 13.00-15.30
|
BAB I
PENGANTAR SISTEM
INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
1.Buatlah daftar
langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola sumber dengan daya fisik ?
Sumber daya diperoleh dan disusun agar siap digunakan saat
diperlukan, sangat sering proses penyusunan membutuhkan pengubahan suatu bahan
mentah menjadi bentuk yang lebih halus, seperti pelatihan pegawai / kontruksi
suatu bagian media yang khusus, setelah sumber daya ini disusun, manajer
berusaha untuk memaksimalkan pengugunaannya. Manajer menimbulkan waktu yang
terbuang dan menjaganya agar berfungsi pada efisiensi puncak, akhirnya, manajer
mengganti sumber daya ini pada saat kritik sebelum sumber daya tersebut menjadi
tidak efisien / utang.
2.Buatlah daftar
langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola informasi?
Manajer memastikan data mentah yang diperlukan terkumpul dan
kemudian di proses menjadi informasi yang berguna, kemudian manajer memastikan
bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam
bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat
dimanfaatkan. Dengan demikian manajer membuang informasi yang tidak berguna
lagi dan menggantikannya dengan informasi yang terkini dan akurat seluruh
aktivitas ini memperoleh informasi, menggunakan seefektif mungkin serta
membuang yang tidak tepat.
3.Aplikasi komputer
apakah yang pertama kali memperkirakan kebutuhan informasi para manajer?
Pengolahan data akuntansi, aplikasi tersebut lalu diikuti
oleh : empat aplikasi :
a. Sistem infromasi manajemen (mangjement information
system)
b. Sistem pendukung keputusan (decision support systems)
c. Kantor virtual (virtual office)
d. Sistem berbasis pengetahuan (knowledge – based systems)
ke –
e. Membentuk sistem informasi berbasis komputer (computer
based information system) / CBIS
4.Apakah yang
termasuk dalam 3 golongan pemakai komputer ?
a. Manajer
b. Non – Manajer
c. orang-orang dan organisasi dalam lingkungan perusahaan
5.Apakah yang
termasuk dalam 3 tingkatan manajer seperti yang dinyatakan oleh Anthony ?
a. Tingkat perencanaan strategis, > yaitu pengaruh atas
keputusan-keputusan yang diambil pada seluruh organisasi dalam beberapa tahun
mendatang.
b. Tingkat pengendalian manajemen > yaitu bahwa tanggung
jawab mereka mengubah rencana menjadi tindakan agar tujuan tercapai.
c. Tingkat pengendalian operasional > yaitu dimana
operasi perusahaan berlangsung (operational control level)
6.Apakah perbedaan
antara bidang fungsional dengan fungsi manajemen ?
Bidang fungsional, manajer terdapat dalam berbagai bidang
fungsional perusahaan, tempat berbagi sumber daya dipisahkan menurut pekerjaan
yang dilakukan dalam itu terdapat 3 hal bidang fungsional yang tradisional ; 1.
Pemasaran, 2. Manufaktur, 3. Keuangan.
Fungsi manajemen Henri Tagol bahwa manajer melaksanakan 5
fungsi-fungsi menajemen :
1.Merencanakan (plan)
2.Mengorganisasikan (organize)
3.Menyusun staf (staff)
4.Mengarahkan (direct)
5.Mengendalikan (control)
7. Apakah yang
termasuk dalam 3 kelompok peran manajerial yang dinyatakan oleh Mirtzberg ?
: Tiga kelompok
peran manajerial
1. Peran
antar-pribadi (Interpersonal Roles)
Ø Tokoh
(figurehead) .. Manajer melaksanakan tugas-tugas seremonial, seperti
mendampingi pejabat yang berkunjung meninjau fasilitas
Ø Pemimpin
(leader) .. Manajer memelihara unit dengan mempekerjakan dan melatih staf serta
menyediakan motivasi dan dorongan.
Ø Penghubung (liaison)
.. Manajer menjalin hubungan dengan orang-orang di luar unit manajer tersebut,
rekan kerja dan lainnya di lingkungannya, dengan tujuan menyelesaikan
masalah-masalah bisnis.
2. Peran informasi (Informational Roles)
Ø Pemantau
(monitor) .. Manajer secara tetap mencari informasi mengenai kinerja unit.
Indera manajer mengamati aktivitas intern unit dan lingkungannya.
Ø Pewarta
(disseminator) .. Manajer meneruskan informasi yang berharga kepada orang lain
di dalam unitnya.
Ø Juru bicara
(spokes person) .. Manajer meneruskan informasi yang berharga kepada
orang-orang di luar unit, pimpinan dan orang-orang dilingkungannya.
3. Peran keputusan (Decisional Roles)
Ø Wirausaha
(enterpreneur) .. Manajer membuat perbaikan-perbaikan yang cukup permanen pada
unit, seperti mengubah struktur organisasi.
Ø Pengelola
gangguan (disturbance handler) .. Manajer bereaksi pada kejadian-kejadian tidak
terduga, seperti devaluasi dolar di negara asing yang menjadi tempat operasi
perusahaannya.
Ø Pembagi sumber
daya (resource allocator) .. Manajer mengendalikan pengeluaran unitnya,
menentukan unit bawahan mana yang mendapatkan sumber daya/
Ø Perunding
(negotiator) .. Manajer menengahi perselisihan baik di dalam unitnya maupun
antara unit dan lingkungannya.
8.Buku ini
menyebutkan 2 keahlian dasar yang harus dimiliki seorang manajer, apakah itu?
Seorang manajer yang berhasil harus memiliki banyak
keahlian, tetapi ada 2 yang mendasar yaitu komunikasi dan pemecahan masalah.
9.Jelaskan perbedaan
antara pemecahan masalah dan pengambilan keputuan ?
* Pemecahan masalah dengan mendefinisikan masalah negatif
sebagai suatu kondisi atau kejadian yang berbahaya / mungkin membahayakan /
secara positif sebagai suatu yang dapat menguntungkan atau mungkin merugikan.
* Pengambilan keputusan atau tindakan memiliki dari berbagai
alternatif tindakan yaitu, suatu tindakan tertentu yang telah dipilih, umumnya,
manajer perlu membuat keputusan ganda dalam proses memecahkan suatu perusahaan
tunggal.
10.Sebuah iklan alat
pencukur dengan pisau ganda yang dapat diganti menyatakan dirinya sebagai suatu
sistem mencukur. Apakah alat cukur tersebut benar-benar suatu sistem ? apa yang
elemen-elemennya? Apakah tujuannya ?
-Sistem > sekelompok elemen yang berintegrasi dengan
maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, alat pencukur tersebut
adalah sebuah sistem. Elemen-elemennya yaitu elemen input, melalui elemen
transformasi, ke elemen output.
- Ada 3 elemen yang meliputinya > tujuan, mekanisme
pengendalian dan lingkaran umpan balik. Sedangkan elemen pada pisau cukur
tersebut adalah pisau cukur dan alat cukur.
- Tujuannya > agar pisau cukur tersebut dapat bekerja
ganda sehingga hasil dari perlakuan tersebut dapat menghasilkan lebih baik.
11.Buatlah daftar
elemen-elemen yang terdapat dalam suatu sistem lingkaran tertutup, berikan
tanda bintang di sebelah elemen-elemen yang juga terdapat dalam sistem
lingkaran terbuka ?
Suatu sistem lingkaran tertutup *
- tujuan
- mekanisme pengendalian
- lingkaran
umpan balik
Sistem lingkaran terbuka
• mekanisme
pengendalian *
• lingkaran
umpan balik *
• tujuan *
12.Dapatkah anda
menyebutkan sebuah perusahaan yang tidak mengubah input menjadi output ? jika
ada, jelaskan ?
Tidak ada, sebab pada setiap jenis perusahaan semua sistem
input akan dibalik menjadi sumber output dengan sifat output yang menjadikan
input sebagai modal awal perusahaan.
13.Apakah yang
dimaksud dengan mekanisme pengendalian dalam sebuah perusahaan ?
Suatu mekanisme pengendalian yang memantau proses
transportasi untuk menyakinkan bahwa sistem tersebut memenuhi tujuannya.
Mekanisme pengendalian ini dihubungkan pada arus sumber daya dengan memakai
suatu lingkaran umpan balik (feedback loop) yang mendapatkan informasi dari
output sistem dan menyediakan informasi bagi mekanisme pengendalian. Mekanisme
pengendalian membandingkan sinyal-sinyal.
14.Setiap hari,
sebuah perusahaan telepon metropolitan yang besar mencetak ribuan tagihan.
Apakah tagihan-tagihan ini data atau informasi ? Jelaskan.
Data terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang relatif
tidak berarti bagi pemakai. Sebagai contoh, data dapat berupa jumlah jam kerja
tiap pegawai dalam perusahaan. Saat data ini diproses, ia dapat diubah menjadi
informasi.
15.Apa saja lima
subsistem CBIS ? Cocokkan tiap subsistem dengan satu dari istilah-istilah
berikut : data, konsultasi, komunikasi, informasi, masalah spesifik.
Sistem Informasi Akuntansi (data)
Sistem informasi Manajemen (konsultasi)
Sistem pendukung keputusan (komunikasi)
Kantor Maya (informasi)
Sistem pakar (masalah spesifik)
16.Sebutkan para
spesialis informasi yang bekerja secara langsung dengan pemakai !
Ada 5 golongan utama
spesialis informasi yaitu :
1. Analisis
sistem (system analyst)
2. Pengelola
database (database administrator)
3. Spesialis
Jaringan (network specialist)
4. Programmer
5. Operator
17.Seorang manajer di
bagian keuangan memperoleh komputer personal dan satu paket perangkat lunak
spreadsheet, elektronik, mempelajari cara pemakaiannya dengan menggunakan
tutorial, dan menghasilkan laporan laba-rugi bulanan perusahaan. Apakah ini
contoh EUC ? Jelaskan jawaban Anda.
Iya, ini termasuk ke dalam EUC, karena para pemakai tidak
perlu bertanggung jawab penuh dalam
pengembangan sistem, tetapi mereka harus melakukan sebagian pengembangan
sistem. Dalam banyak kasus pemakai akan bekerja dengan para spesialis informasi
bersama-sama mengembangkan sistem. Karena itu, konsep EUC tidak berarti bahwa
para spesialis informasi tidak dibutuhkan lagi. Sebaliknya, ini berarti bahwa para
spesialis akan lebih banyak melaksanakan peran konsultasi daripada sebelumnya.
18.Apakah menurut
Anda manajer pada pertanyaan no. 7 mengerti komputer ? Mengerti informasi ?
Jelaskan.
Mengerti, karena seorang manajer di bagian keuangan harus
mengembangkan sistem dan mempelajarinya dengan tutorial dan menghasilkan
laporan laba rugi bulanan perusahaan. Manajer juga mengerti informasi digunakan
untuk bekerja dengan para spesialis informasi bersama-sama mengembangkan sistem
informasi dalam melakukan konsultasi.
19.Sebutkan tiga
pendekatan yang digunakan untuk menjustifikasi sistem EDP. Dua pendekatan
manakah yang paling berhasil ?
Yaitu
1.SIM
2.SIA
3.DSS
Yang paling berhasil SIM & SIA
20.Mengapa sukar
untuk menjustifikasi subsistem CBIS. Yang berorientasi informasi seperti SIM /
DSS ?
karena untuk membuktikan nilai ekonomis dan suatu aplikasi
komputer, tetapi banyak analisis yang dilakukan untuk menimbang nilai tiap
proyek potensial. Proyek tersebut berkembang melalui suatu siklus hidup sistem
(system life cycle). Para spesialis informasi dapat berperan serta dalam
tingkat yang beragam, tetapi keseluruhan siklus, termasuk pengembangan dan
pemakaian, harus dikelola oleh manajer.
21.Apa sajakah yang
termasuk dalam lima tahap siklus hidup sistem? Apa peran spesialis informasi
dalam tahap pertama ? Para peran manajer dalam empat tahap selanjutnya ?
Siklus hidup sistem (system life cycle –SLC), yaitu
1. Perencanaan
2. Analisis
3. Rancangan
4. Penerangan
5. Penggunaan
- Pada tahap
pertama (perencanaan), spesialis informasi berperan memberi dukungan kepada
manajer untuk mengidentifikasikan dan mendefinisikan masalah,
mengidentifikasikan dan mengevaluasi solusi alternative, memilih solusi
terbaik, merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai, menciptakan
database, dan menjaga kemutakhiran system.
- Pada 4
tahap selanjutnya, manajer berperan mengendalikan spesialis informasi dalam
melaksanakan penelitian system, merancang system, menerapkan system dan
menyediakan system.
BAB 2
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF
1.Apa yang
menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya ?
Perusahaan dihubungkan dengan elemen-elemen dalam
lingkungannya melalui arus sumber daya fisik maupun konseptual. Perusahaan
berusaha memperoleh keunggulan kompetitif dengan mengelola arus sumber daya,
termasuk informasi. Penjelasan tentang strategi keunggulan kompetitif yang
paling lengkap berfokus pada arus masuk dari pemasok dan arus keluar melalui
saluran distribusi ke pelanggan.
2.Apa saja yang
teramsuk dalam delapan elemen lingkungan ?
a)Masyarakat > Konsumen / pemakai
b)Pemasok > Penyedia material, mesin, jasa dan informasi
c)Serikat kerja > Atau organisasi bagi tenaga kerja
terampil
d)Masyarakat keuangan > Terdiri dari lembaga-lembaga yang
berpengaruh pada pendanaan
e)Pemegang saham / pemilik > Pendanaan modal di
perusahaan
f)Pemegang saham / pemilik > Cangkupan semua organisasi
yang bergerak dalam bidangnya
g)Pemerintah > Pada tingkat pusat daerah / lokal untuk
peraturan undang-undang
h)Masyarakat global > Atau wilayah geografis setempat
3.Apakah yang
dimaksud dengan marjin, dan apa hubungannya dengan keunggulan kompetitif ?
Marjin adalah nilai produk dan jasa perusahaan, seperti yang
diyakini oleh pelanggan perusahaan itu, dikurangi biayanya. Perusahaan
menciptakan nilai dengan melakukan aktivitas, yang diliputi Porter dengan
aktivas nilai (value activities).
keunggulan kompetitif (competitive advantage). keunggulan
kompetitif dapat dicapai melalui banyak cara, seperti menyediakan barang dan
jasa dengan harga yang murah, menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari
pesaing, dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu.
4.Apa sajakah yang
termasuk dalam aktivitas nilai utama Porter ? Apakah yang menjadi aktivitas
nilai pendukungnya ?
Aktivitas nilai utama (primary value activities) adalah
aktivitas yang berhubungan dengan produksi dan penawaran nilai yang lebih besar
kepada pelanggan daripada yang dilakukan pesaing.
Aktivitas nilai pendukung (support value activities)
menyediakan input dan infrastruktur yang memungkinkan aktivitas utama
berlangsung. Departemen hubungan pemegang saham, kelompok riset pemasaran,
departemen akuntansi merupakan contoh unit organisasi yang melaksanakan
aktivitas pendukung.
5.Apakah yang
dimaksud dengan rantai nilai ?
Aktivitas nilai utama dan pendukung diintegrasikan oleh
beberapa penghubung untuk membentuk rantai nilai (value chain) rantai tersebut
dibentuk menyerupai panah, dengan marjin sebagai ujungnya. Aktivitas-aktivitas
utama tampak dilapisan bawah dan mencakup logistik masuk (inbound logistics)
yang memperoleh bahan baku dan pasokan dari pemasok, operasi perusahaan itu yang
mengubah bahan baku menjadi barang jadi, logistik keluar (outbond logistics)
yang mengangkut barang ke pelanggan, operasi pemasaran dan penjualan yang
mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan pendapatkan pesanan, serta kegiatan
pelayanan yang memelihara hubungan baik dengan pelanggan setelah penjualan.
6.Apakah yang
dimaksud dengan sistem nilai ?
Kaitan rantai nilai beberapa perusahaan
7.Buatlah daftar
tujuh jenis sumber daya informasi. Berikan tanda bintang pada sumber daya yang
selalu ditempatkan dalam jasa informasi !
Jenis-jenis Sumber Daya Informasi
Perangkat keras komputer
Perangkat lunak komputer
Spesialis informasi
Pemakai
Fasilitas
Database
Informasi
8.Dapatkah seorang
manajer menjadi seorang CIO, walaupun ia tidak memiliki gelar itu ?
Chief information officer (CIO), adalah manajer jasa
informasi yang menyumbangkan keahlian manajerialnya tidak hanya untuk
memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumber daya informasi tetapi juga
berbagi bidang lain dari operasi perusahaan.
Seorang manajer jasa informasi dapat berperan sebagai chief
information officer dengan mengikuti saran-saran berikut :
Sediakan waktu untuk bisnis dan pelatihan bisnis. Pelajari
bisnisnya, bukan hanya teknologinya.
Membangun kemitraan dengan unit-unit bisnis dan manajemen
ini ; jangan menunggu hingga diundang.
Fokuskan pada perbaikan proses dasar bisnis
Jelaskan biaya-biaya IS dalam istilah-istilah bisnis
Bangun kepercayaan dengan memberikan jasa IS yang dapat
diandalkan
Jangan bersifat defensif
9.Dapatkan
kesarjanaan dalam administrasi bisnis membantu seorang CIO ?
Bisa, sebab sumber daya informasi mencangkup perangkat
keras, fasilitas, perangat lunak, database, spesialis informasi, informasi dan
pemakai konsepnya mengakui manajer jasa informasi sebagai seorang eksekutif.
Sumber daya informasi yang terletak diluar jasa informasi dikelola oleh para
manajer area pemakai.
10.Apakah manajemen
informasi menjadi bertambah atau berkurang rumit selama dekade terakhir ?
Jelaskan.
Pada sepuluh tahun pertama komputer, semua sumber daya
informasi ditempatkan terpusat di dalam unit jasa informasi perusahaan. Berawal
dari pemasang terminal keyboard pada pemakai pada pertengahan tahun 1960-an,
dan berlanjut dengan penyebaran komputer mikro di tahun 1980-an, semakin banyak
perangkat keras yang ditempatkan di luar unit jasa informasi.
Ketika perusahaan semakin banyak memperoleh sumber daya
tersebut tersebar di seluruh perusahaan, tugas manajemen sumber daya informasi
manjadi lebih rumit. Tanggung jawab manajemen tidak hanya berada pada pundak
CIO, tetapi semua manajer dalam perusahaan tersebut.
11.Mengapa para
eksekutif mungkin menghasilkan rencana yang tidak dapat dijalankan ketika
mereka membuat perencanaan strategis top-down ?
Pengendalian terputus atas perolehan perangkat keras dan
perangkat lunak, perusahaan akhirnya dapat memiliki perangkat keras yang tidak
comfortable dan perangkat lunak yang sangat berlebihan (top-down)
12.Mangapa manajemen
tingkat bawah mungkin menghasilkan rencana yang tidak dapat diterima eksekutif
ketika pendekatan perencanaan bootm-up diterapkan ?
Para pemakai pengembang berencana untuk memenuhi kebutuhan
mereka sendiri tanpa menyesuaikan pada rencana yang memastikan dukungan
komputer bagi perusahaan.
13.Sebutkan satu
kelemahan utama dari transformasi kumpulan strategi ?
Kekurangan dasar dalam transformasi kumpulan strategi adalah
kenyataan bahwa bidang-bidang fungsional tidak selalu memiliki sumber daya
untuk menjamin tercapainya tujuan strategis perusahaan. Namun, pendekatan ini
masih dipakai bahkan oleh perusahaan-perusahaan yang sangat berhasil
14.Apakah dua elemen
yang harus disertakan dalam suatu rencana strategis sumber daya informasi ?
Ketika jasa informasi mulai mengembangkan rencana-rencana
stretegis, pendekatan yang dilanjutkan adalah mendasarkan rencana tersebut
sepenuhnya pada tujuan stretegis perusahaan, yang diistilahkan dengan kumpulan
strategi organisasi (organizational strategy set). Langkah kedua, yang
terpisah, adalah rencana jasa informasi yang dibuat untuk mendukung tujuan
perusahaan. Rencana jasa informasi itu disebut kumpulan strategi SIM (MIS
strategy set), dan terdiri dari sejumlah tujuan, kendala, dan strategi.
Pendekatan ini, yang dinamakan transformasi kumpulan strategi (strategy set
transformation)
15.Apa sajakah 4
kelompok pemakai akhir itu ?
a)Pemakai Akhir Tingkat Menu (menu-level end-users) Sebagian
pemakai tidak mampu menciptakan perangkat lunak mereka sendiri, tetapi dapat
berkomunikasi dengan perangkat lunak jadi (pre written software) dengan
menggunakan menu-menu seperti yang ditampilkan oleh perangkat lunak berbasis
Windows dan Mac.
b)Pemakai Akhir Tingkat Perintah (command level end-users)
Sebagian pemakai akhir memiliki kemampuan menggunakan perangkat lunak jadi yang
lebih dari sekedar memilih menu. Para pemakai akhir ini dapat menggunakan
bahasa perintah dari perangkat lunak untuk melaksanakan operasi aritmatika dan
logika pada data. Contohnya, pemakai Microsoft Excel dapat menggunakan
perintah-perintah khusus untuk menyelesaikan proses yang tidak mungkin
dilakukan melalui penggunaan menu.
c)Pemakai Akhir Tingkat Programer (end-users programmers)
Sebagai pemakai akhir dapat menggunakan bahasa-bahasa pemrograman seperti BASIC
atau C++, dan mereka dapat mengembangkan program-program yang disesuaikan
dengan kebutuhan mereka sendiri.
d)Personil Pendukung Fungsional (functional support
personnel) Di sejumlah perusahaan, para spesialis informasi adalah anggota dari
unit-unit fungsional, bukannya unit jasa informasi. Personil pendukung
fungsional ini adalah spesialis informasi dalam arti sesungguhnya, tetapi
mereka berdedikasi pada area pemakai tertentu dan melapor pada manajer
fungsional mereka.
16.Buku ini
menyatakan bahwa pemakai akhir kecil kemungkinannya mengembangkan DSS yang
rumit. Mungkinkah terdapat keterbatasan-keterbatasan pada sistem yang
dikembangkan oleh personil pendukung fungsional Jika ada, jelaskan.!
Tidak ada, sebab semua keragaman dalam dampak UEC berlanjut,
yang memang seharusnya, akan selalu ada kebutuhan akan spesialis informasi.
17.Apakah manfaat
utama EUC ? Apakah risiko utamanya ?
Bagaimana risiko ini dapat dikurangi ?
EUC memberi manfaat bagi perusahaan dalam dua cara utama :
EUC menyeimbangkan kemampuan pengembang dengan tantangan sistem, serta EUC
menghilangkan atau mengurangi kesenjangan komunikasi antara pemakai dan
spesialis informasi.
Resiko > 1. Sistem yang buruk sasarannya
2. Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasi
3. Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisen
4. Hilangnya integritas data
5. Hilangnya keamanan
6. Hilangnya pengendalian
Risiko-risiko diatas berkurang jika jasa informasi yang
mengembangkan sistem, karena adanya pengendalian terpusat.
18.Bagiaman suatu
penelitian pada bagan organisasi perusahaan dapat memberi petunjuk bahwa
perusahaan sedang berusaha mencapai IRM ?
a. Kesadaran bahwa keunggulan dapat dicapai melalui sumber
daya informasi yang unggul.
b. Kesadaran bahwa jasa informasi atau suatu bidang
fungsional utama
c. Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak
d. Perhatian pada sumber daya informasi perusahaan ketika
membuat perencanaan strategis
e. Rencana strategis formal untuk sumber daya informasi
f. Strategi untuk mendorong dan mengelola end-users
computing.
19.Jika Manajer dalam
bidang jasa informasi memiliki gelar CIO, apakah ini berarti bahwa perusahaan
mempraktekkan IRM ? Jelaskan.!
IRM mencerminkan pemahaman mengenai nilai informasi dan
sumber daya yang menghasilkan informasi. Manajer di semua tingkat memang
memberi kontribusi pada IRM, tetapi sikap eksekutif puncak, seperti CEO dan
anggota komite eksekutif lain, adalah kuncinya. Jika para pemimpin ini tidak
memahami bahwa sumber daya konseptual sama pentingnya dengan sumber daya fisik,
IRM tidak akan pernah terjadi.
20.Ditempatkan
dimanakah sumber daya informasi yang merupakan sumber daya rencana strategis
sumber daya informasi ?
1. Lingkungan perusahaan = Sebagai cara untuk memenuhi
sejumlah kebutuhan pasar.
2. Eksekutif perusahaan = CIO disertakan dalam kelompok
eksekutif
3. Bidang fungsional = Mengembangkan informasi / rencana
strategis dalam perusahaan
4. Sumber daya informasi = Bagimana semua sumber daya
informasi diperoleh dan dikelola
5. Pemakai = Data dan informasi mengalir
0 komentar:
Post a Comment