Sunday, December 2, 2012

Program Peramalan (Budgeting)

Preview Program

Akhirnya sempat juga saya menulis dan memposting program sederhana buatan saya ini. Program ini dibuat berawal dari permintaan dosen Budgeting saya di Universitas Widyatama yang telah melihat fenomena bahwa perusahaan oil and gas pada umumnya menggunakan cara free hand  untuk menentukan anggaran di tahun yang akan datang. Padahal, teori-teori dan cara penghitungan anggaran untuk masa yang akan datang telah ada dan dapat di aplikasikan, sehingga tidak menimbulkan selisih terlalu besar yang berakibat dari harga jual maupu penentuan keputusan lainya.

Menurut Dosen saya, Perusahaan banyak yang menggunakan free hand atau penentuan anggaran di masa yang akan datang dengan kira-kira, dikarenakan proses perhitunganya yang terlalu rumit dan lama. Beliau pun mengatakan, para pengusaha setuju bila metode metode peramalan yang ada dapat membantu lebih baik dalam menentukan anggaran di masa yang akan datang, namun sayang, hal itu tidak dilakukan pada kenyataanya.

Oleh karena itu, program nan sederhana yang dibuat kurang dari 1 minggu ini, menurut beliau adalah langkah awal untuk membuat anggaran anggaran perusahaan lebih baik. Saya pun sangat senang ketika, program saya ini dapat berguna dan bermanfaat, khususnya untuk rekan-rekan di kampus dan dosen, umumnya untuk perusahaan perusahaan yang membutuhkan.

Dalam Program ini terdapat 3 metode mendasar yang sering digunakan, yaitu metode semi average, moment method, least square method. cara pengunaanya pun sangat praktis, yaitu kita hanya perlu mengisi Tahun/Periode yang di inginkan, bisa per bulan, per tahun, per semester, sesuai kebutuhan dimana dalam program ini. maximum sampai 12 no. disesuaikan dengan bulan yang berjumlah 12. selanjutnya, kita mengisi nilai atau hasil dari tiap peridoe tersebut. lalu isi periode yang ingin diramal, maka otomatis, grafik dan anggaran yang akan datang langsung tampil dan dapat dikelola lebih lanjut.

Di lain waktu, mungkin saya akan mengembangkan lagi lebih baik pada program ini, agar metode yang digunakan pun lebih lengkap dan lebih praktis.

So, bagi sahabat ray blog, tidak ada salahnya mencoba program ini, siapa tau dapat bermanfaat untuk mengerjakan soal, aplikasi dalam bisnis, maupun untuk pengembangan lebih lanjut.Terimakasih.^^

Link Download


0 komentar:

Post a Comment

 
;